Rabu, 20 Juni 2012

makalah jejaring sosial




MAKALAH
TEKNOLOGI INFORMATIKA
AKKC 363


”JEJARING SOSIAL TWITTER”


Dosen Pembimbing :
Drs. Syahmani, M. Si

Oleh:
Dwi Ria Susanti
(A1C308218)
 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2012


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nyalah penulisdapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Shalawat beriring salam selalu kitapanjatkan kepada Rasullullah SAW, karena kegigihan beliau dan ridho-Nyalah kita dapatmerasakan kenikmatan dunia seperti sekarang ini.
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan olEh dosen pembimbing pada bidang studi  Teknologi Informatika, makalah ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada Drs.Syahmani.M.Si  selaku dosen  pembimbing mata kuliah Teknologi Informatika yang telah membimbing penulis dalammenyelesaikan penulisan makalah ini tepat waktunya.
Penulis juga mengucapkan terimakasi hkepada semua pihak yang telah memberikan sembangsihnya dalam penulisan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran penulis harapkan dari pembaca sekalian demi terciptanya kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi yang memerlukan. Terima kasih

                                                                                                                Banjarbaru,  9 Mei  2012

                                                                                                                              Penulis



DAFTAR ISI
           
KATA PENGANTAR.............................................................................................ii
DAFTAR ISI................................................................................................... ......iii

BAB I. PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang.………………………………………………........…… 1
1.2.      Rumusan Masalah……………………………………………………….3
1.3.      Tujuan ……………………………………………….………..……..….3
1.4.      Manfaat …….……………………………….………...……...………... 3

BAB II. PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Twitter…..…….………...……………………………................4
2.2. Mengenal Twitter........................................... ………………………......5
2.3. Peringkat Twitter……………………………………………..…………9
2.4. Aplikasi Pihak Ketiga…………………………….……………………..9
2.5. Demografi…….........................................................................................9
2.6. Riset, Kritik dan Penggunaan Twitter di Indonesia …………………....10

BAB III. PENUTUP
3.1.   Kesimpulan…….………...…………………………………………..….12

Daftar Pustaka ………………………………………………………………...…13




BAB  I
PENDAHULUAN

1.1       LATAR BELAKANG
Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari manusia tentunya tidak bisa lepas dari kegiatannya untuk bersosialisasi dengan orang lain dan untuk bersosialisasi itulah manusia memerlukan komunikasi sehingga akibatnya timbul interaksi dalam kehidupan manusia, maka ketika seseorang melakukan proses komunikasi dengan orang lain dibutuhkan kesamaan makna sehingga diharapkan agar proses komunikasi yangsedang terjadi dapat berlangsung efektif.
Proses komunikasi terbagi menjadi dua tahap yakni proses komunikasi secara primer dan secara sekunder. Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media. Sedangkan proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
Media kedua yang dimaksud dalam proses komunikasi secara sekunder seperti surat, telepon, teks, surat kabar, radio, televisi, internet,dan lain-lain. Media tersebut digunakan karena letak komunikator dan komunikan berada di tempat yang relative jauh dan tentunya agar proses komunikasi berjalan dengan lancar.
Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan informasi menyebabkan semakin meningkat pula perkembangan teknologi dalam hal pemenuhan kebutuhan akan informasi. Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi serta komunikasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu, sebagai contoh kini orang dapat dengan mudah memperoleh baerbagai macam informasiyang terjadi di belahan dunia tanpa harus datang ke tempat tersebut.
Bahkan orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai tempat
di dunia ini, hanya dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang tersambung ke internet
Internet (interconnection networking) merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Seperti yang diketahui internet merupakan bentuk kovergensi dari beberapa teknologi penting terdahulu, seperti komputer, televisi, radio dan telepon.
Dengan internet, kendala ruang atau jarak dalam berkomunikasi telah banyak diatasi. Sebelumnya dengan fasilitas yang telah ada, orang sudah bisa mengatasi jarak. Seperti telepon merupakan faslitas yang memungkinkan orang berkomunikasi kemana saja di dunia ini. Akan tetapi kenyataan bahwa pulsa interlokal atau internasional sangat mahal akhirnya menjadikan fasilitas tersebut tidak optimal digunakan. Dengan adanya internet, manusia dihadapkan pada sebuah kemungkinan bahwa komunikasi bisa dilakukan kemana saja dengan biaya murah.Begitu besarnya pengguna internet di dunia sehingga semakin banyak pula bermunculan situs-situs baru yang dapat di akses oleh para pengguna internet dan mereka berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pengguna yang sebanyak-banyaknya untuk mengakses internet.
Social networking adalah sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu.
Layanan social network biasanya berbasis web, yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagipengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya. Contoh situs social networking antara lain Facebook, Twitter, My Space dan Friendster
Dari sekian banyak situs social networking di internet, salah satu situs yang saat ini cukup menarik banyak perhatian para pengguna internet adalah Twitter. DiIndonesia, hal ini dapat dibuktikan bahwa Twitter adalah situs yang paling banyak dikunjungi setelah google.com,yahoo,com dan Facebook.com. Twitter tidak kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Twitter adalah satu dari beberapa situs pertemanan dengan ide social networking yang berbasis microblogging untuk menjalin sosialisasi dunia maya di mana pengguna dapatmembentuk jaringan dengan mengundang teman dan juga memberikanfasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin.

1.2   Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari twitter?
2.      Bagaimana cara menggunakannya twitter?

1.3     Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang
1.    Untuk mengetahui pengertian twitter.
2.    Untuk mengetahui cara penggunaan twitter

1.4     Manfaat  
 Manfaat penulisan makalah ini adalah :
1.      Membantu pembaca untuk mengetahui tentang twitter
2.      Sebagai tambahan wawasan pembaca dalam jejaring sosial twitter dan dapat menggunakannya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1     Sejarah Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.


2.2        Mengenal Twitter
Tentunya Anda sudah tahu yang namanya Twitter.Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti halnya Facebook. Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.Twitter juga merupakan sebuah jejaring sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online Anda.
Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.
A.    Microblog dan Twitter
Apa itu microblog? microblog adalah sejenis situs jejaring sosial namun ada beberapa pembatasan di dalamnya. Jika situs jejaring sosial mengijinkan pengguna untuk dapat meng-update status-nya demikian pun dengan microblogging, namun untuk pengguna microblogging hanya disediakan sebanyak 140 karakter untuk meng-update status nya. Layaknya sebuah SMS, pengirim pesan instan dan mirip dengan jamannya Kartu Ucapan dahulu. Microblog pertama kali diperkenalkan pada maret 2006 oleh Jack Dorsey melalui sebuah perusahaan rintisan Obvious Corp, microblogging pertama itu adalah Twitter.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara (untuk lokal Indonesia seperti ngeshout.com dan kronologger.com) atau menggabungkan dengan layanan lainnya (seperti Facebook saat ini). Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Buat pemula Twitter dan yang belum mengenal Twitter maka jangan kaget karena disana akan banyak istilah-istilah baru yang sering banyak dipakai. Misalnya untuk mengirim suatu balasan (reply) pada Twitter akan digunakan simbol “@” tentunya hal ini berbeda dengan yang ada di situs-situs jejaring sosial pada umumnya. Untuk lebih mengenal tentang Twitter maka anda wajib pelajari beberapa istiah-istilah penting yang sering dipakai dalam ber-Twitter ria. Berikut ini istilah – istilah dalam twitter.
B.     Beberapa Istilah yang di pergunakan di Twitter
  • Tweet – sesuatu yang ditulis di status Twitter
  • @ – penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut
  • Reply – balasan
  • Following – pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima
  • Follower – pengguna lain yang akan selalu menerima tweet
  • ReTweet (RT)
  • Direct Messages – pesan personal
  • Favorites – menyimpan tweet tertentu yang diinginkan
  • Hash Tags (#) – penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
  • Trending Topics – topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan
  • OverHeard (OH) – penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya, OH ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan
  • HeardTrough (HT) – penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata, HT ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan
C.    Konten Dalam Twitter

1.      Halaman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
2.      Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
3.      Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
4.      Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
5.      Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
6.      Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
7.      Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
8.      Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
9.      Senarai (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

10.  Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti #7KulinerSbyPalingWuenak.

11.  Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
·         Berita
·         Spam
·         Promosi diri
·         Celoteh tidak berarti
·         Percakapan
·         Nilai lewat-terus (pass-along)

2.3        Peringkat twitter
Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.
2.4        Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity.

2.5        Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher.
1.      Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

2.6        Riset, Kritik dan Penggunaan Twitter di Indonesia
Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang berinteraksi namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara stabil.
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter memiliki tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.



BAB III
PENUTUP

3.1        Kesimpulan
Dari hasil makalah ini, diperoleh kesimpulan sebabgai berikut:

1.      Twitter adalah sebuah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
2.      Twitter memiliki beberapa istilah antara lain Tweet, @ – ,Reply, Following, Follower, ReTweet (RT), Direct Messages, Hash Tags (#), Trending Topics, OverHeard (OH).
3.      Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2007. Wikipedia Twitter. http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter. Diakses pada Sabtu, 9 juni 2012.

Husain, 2008. Mengenal Twiiter dan bagaimana penggunaan twitter. http://sejarahteknologi.blogspot.com/2009/07/sejarah-twitter.html. Diakses pada Sabtu, 9 juni 2012.

Melani, Deanita. 2010. Motif mahasiswa Surabaya dalam menggunakan situs twitter di internet. http://eprints.upnjatim.ac.id/1083/3/file_1.pdf. Diakses pada Sabtu, 9 juni 2012.

Rio, malawa. 2009. Apa sih twitter itu. http://www.info-yazid.com/2012/05/kelebihan-dan-kekurangan-twitter-client.html. Diakses pada Sabtu, 9 juni 2012.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar