MAKALAH
TEKNOLOGI
INFORMATIKA
AKKC
363
”JEJARING SOSIAL TWITTER”
Dosen
Pembimbing :
Drs.
Syahmani, M. Si
Oleh:
Dwi Ria Susanti
(A1C308218)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat
dan hidayah-Nyalah penulisdapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Shalawat beriring salam selalu kitapanjatkan kepada Rasullullah SAW, karena kegigihan beliau dan ridho-Nyalah kita dapatmerasakan
kenikmatan dunia seperti sekarang ini.
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk
memenuhi tugas yang diberikan olEh dosen pembimbing pada bidang studi Teknologi Informatika, makalah ini juga
bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada
Drs.Syahmani.M.Si selaku dosen pembimbing mata kuliah Teknologi Informatika
yang telah membimbing penulis dalammenyelesaikan penulisan makalah ini tepat waktunya.
Penulis juga mengucapkan terimakasi hkepada semua pihak yang telah memberikan sembangsihnya dalam penulisan
makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan,
oleh karena itu kritik dan saran penulis harapkan dari pembaca sekalian demi
terciptanya kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini
bermanfaat bagi yang memerlukan. Terima kasih
Banjarbaru, 9 Mei
2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................ii
DAFTAR ISI................................................................................................... ......iii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang.………………………………………………........…… 1
1.2. Rumusan
Masalah……………………………………………………….3
1.3. Tujuan
……………………………………………….………..……..….3
1.4. Manfaat
…….……………………………….………...……...………... 3
BAB II. PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Twitter…..…….………...……………………………................4
2.2. Mengenal Twitter........................................... ………………………......5
2.3. Peringkat Twitter……………………………………………..…………9
2.4.
Aplikasi Pihak Ketiga…………………………….……………………..9
2.5. Demografi…….........................................................................................9
2.6.
Riset, Kritik dan Penggunaan Twitter di Indonesia …………………....10
BAB
III. PENUTUP
3.1. Kesimpulan…….………...…………………………………………..….12
Daftar
Pustaka ………………………………………………………………...…13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari
manusia tentunya tidak bisa lepas dari kegiatannya untuk bersosialisasi dengan
orang lain dan untuk bersosialisasi itulah manusia memerlukan komunikasi
sehingga akibatnya timbul interaksi dalam kehidupan manusia, maka ketika
seseorang melakukan proses komunikasi dengan orang lain dibutuhkan kesamaan
makna sehingga diharapkan agar proses komunikasi yangsedang terjadi dapat
berlangsung efektif.
Proses komunikasi terbagi menjadi dua
tahap yakni proses komunikasi secara primer dan secara sekunder. Proses
komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan
seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai
media. Sedangkan proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian
pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana
sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
Media kedua yang dimaksud dalam proses
komunikasi secara sekunder seperti surat, telepon, teks, surat kabar, radio,
televisi, internet,dan lain-lain. Media tersebut digunakan karena letak
komunikator dan komunikan berada di tempat yang relative jauh dan tentunya agar
proses komunikasi berjalan dengan lancar.
Seiring dengan perkembangan zaman,
kebutuhan manusia akan informasi menyebabkan semakin meningkat pula
perkembangan teknologi dalam hal pemenuhan kebutuhan akan informasi. Dengan
kemajuan di bidang teknologi informasi serta komunikasi sekarang ini, dunia
tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu, sebagai contoh kini orang
dapat dengan mudah memperoleh baerbagai macam informasiyang terjadi di belahan
dunia tanpa harus datang ke tempat tersebut.
Bahkan
orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai tempat
di
dunia ini, hanya dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang tersambung ke internet
Internet (interconnection networking)
merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau
jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau
berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Seperti yang diketahui
internet merupakan bentuk kovergensi dari beberapa teknologi penting
terdahulu, seperti komputer, televisi, radio dan telepon.
Dengan internet, kendala ruang atau
jarak dalam berkomunikasi telah banyak diatasi. Sebelumnya dengan fasilitas
yang telah ada, orang sudah bisa mengatasi jarak. Seperti telepon merupakan
faslitas yang memungkinkan orang berkomunikasi kemana saja di dunia ini. Akan
tetapi kenyataan bahwa pulsa interlokal atau internasional sangat mahal akhirnya
menjadikan fasilitas tersebut tidak optimal digunakan. Dengan adanya internet,
manusia dihadapkan pada sebuah kemungkinan bahwa komunikasi bisa dilakukan
kemana saja dengan biaya murah.Begitu besarnya pengguna internet di dunia
sehingga semakin banyak pula bermunculan situs-situs baru yang dapat di akses
oleh para pengguna internet dan mereka berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pengguna
yang sebanyak-banyaknya untuk mengakses internet.
Social networking adalah
sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi
orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau
kesamaan latar balakang tertentu.
Layanan social network biasanya berbasis
web, yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagipengguna untuk dapat
berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share
file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan
layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan
dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur
tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya. Contoh situs
social networking antara lain Facebook, Twitter, My Space dan Friendster
Dari sekian banyak situs social
networking di internet, salah satu situs yang saat ini cukup menarik banyak
perhatian para pengguna internet adalah Twitter. DiIndonesia, hal ini
dapat dibuktikan bahwa Twitter adalah situs yang paling banyak
dikunjungi setelah google.com,yahoo,com dan Facebook.com. Twitter tidak
kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai
lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Twitter adalah satu dari
beberapa situs pertemanan dengan ide social networking yang berbasis microblogging
untuk menjalin sosialisasi dunia maya di mana pengguna dapatmembentuk
jaringan dengan mengundang teman dan juga memberikanfasilitas bagi pengguna
untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang
maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik,
atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari twitter?
2. Bagaimana cara menggunakannya
twitter?
1.3 Tujuan
Tujuan
penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang
1.
Untuk mengetahui pengertian twitter.
2.
Untuk mengetahui cara
penggunaan twitter
1.4 Manfaat
Manfaat
penulisan makalah ini adalah :
1.
Membantu pembaca
untuk mengetahui tentang twitter
2.
Sebagai tambahan
wawasan pembaca dalam jejaring sosial twitter dan dapat menggunakannya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Sejarah Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang
dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial
berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca
pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga
140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat
secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs
Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan
pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis
di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali
dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan
Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah
mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100
juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari
internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang
bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan
pemain basket NBA, Larry Bird.
2.2
Mengenal Twitter
Tentunya Anda sudah tahu yang
namanya Twitter.Twitter adalah sebuah
micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring
sosial seperti halnya Facebook. Di Indonesia memang Twitter kalah
populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari
200 juta pengguna di seluruh dunia.Twitter juga merupakan sebuah jejaring
sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan
teman serta memasarkan bisnis online Anda.
Di Amerika, Twitter sangatlah
populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu
hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena
kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk
saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.
A.
Microblog dan Twitter
Apa itu microblog? microblog
adalah sejenis situs jejaring sosial namun ada beberapa pembatasan di dalamnya.
Jika situs jejaring sosial mengijinkan pengguna untuk dapat meng-update
status-nya demikian pun dengan microblogging, namun untuk pengguna microblogging
hanya disediakan sebanyak 140 karakter untuk meng-update status nya. Layaknya
sebuah SMS, pengirim pesan instan dan mirip dengan jamannya Kartu Ucapan
dahulu. Microblog pertama kali diperkenalkan pada maret 2006 oleh Jack Dorsey
melalui sebuah perusahaan rintisan Obvious Corp, microblogging pertama itu
adalah Twitter.
Kesuksesan Twitter membuat banyak
situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu
negara (untuk lokal Indonesia seperti ngeshout.com dan kronologger.com) atau
menggabungkan dengan layanan lainnya (seperti Facebook saat ini). Suatu sumber
bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan
mirip dengan Twitter.
Buat pemula Twitter dan yang belum
mengenal Twitter maka jangan kaget karena disana akan banyak istilah-istilah
baru yang sering banyak dipakai. Misalnya untuk mengirim suatu balasan (reply)
pada Twitter akan digunakan simbol “@” tentunya hal ini berbeda dengan yang ada
di situs-situs jejaring sosial pada umumnya. Untuk lebih mengenal tentang
Twitter maka anda wajib pelajari beberapa istiah-istilah penting yang sering
dipakai dalam ber-Twitter ria. Berikut ini istilah – istilah dalam twitter.
B.
Beberapa Istilah yang di pergunakan
di Twitter
- Tweet
– sesuatu yang ditulis di status Twitter
- @
– penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang
dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut
- Reply
– balasan
- Following
– pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima
- Follower
– pengguna lain yang akan selalu menerima tweet
- ReTweet
(RT)
- Direct
Messages – pesan personal
- Favorites
– menyimpan tweet tertentu yang diinginkan
- Hash
Tags (#) – penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain
bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
- Trending
Topics – topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu
waktu yang bersamaan
- OverHeard
(OH) – penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin
mencantumkan siapa yang menuliskannya, OH ditulis di depan tweet yang
ingin dimasukkan
- HeardTrough
(HT) – penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam
kehidupan nyata, HT ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan
C. Konten Dalam Twitter
1.
Halaman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat
kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
2.
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat
oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah
pernah dikirim-tampil.
3.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang
ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun
seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam
halaman utama.
4.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan
adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang
dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
5.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan
balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang
akan diajak bicara.
6.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit
agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
7.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa
disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada
pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi
pesan.
8.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik
tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh
orang lain juga.
9.
Senarai (List)
Pengguna twitter dapat
mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga
memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti
(follow).
10. Topik
Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang
sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan
tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul
dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal
ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi
populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu
peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu
tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa
yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan
dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya.
Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di
Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide /
TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI),
kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal
yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun,
Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal
sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers),
Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
11. Isi
Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
·
Berita
·
Spam
·
Promosi diri
·
Celoteh tidak berarti
·
Percakapan
·
Nilai lewat-terus (pass-along)
2.3
Peringkat twitter
Twitter adalah merupakan salah satu
dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa
trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa
Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial
berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan
Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh
tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan
bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008
menjadi 7 juta pada Februari 2009.
2.4
Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan
web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga
(berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau
aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity.
2.5
Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009,
perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana
persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari
pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki
Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk
digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang
ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang
sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja
pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans.
Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita
terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta
pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher.
1. Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade
Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada
tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan
melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter
memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga
"program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara
independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm)
XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing
komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil
dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan
iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
2.6
Riset, Kritik dan Penggunaan Twitter di Indonesia
Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik
untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa
'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak relevan
dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan
seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno
Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang
berinteraksi namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara
stabil.
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter memiliki tingkat
pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti menggunakan layanan
ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya sekitar 10%
dari semua pengguna internet.
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi,
kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang
mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara
dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor
satu untuk urusan Twitter.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari hasil makalah ini, diperoleh kesimpulan sebabgai
berikut:
1. Twitter adalah sebuah
situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga
memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan
(tweets).
2. Twitter
memiliki beberapa istilah antara lain Tweet, @ – ,Reply, Following, Follower, ReTweet (RT), Direct
Messages, Hash Tags (#), Trending Topics, OverHeard (OH).
3. Twitter adalah merupakan salah satu
dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa
trafik web analisis
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar